Gelap

Sejarah 70 tahun konflik Iran-AS: Dari minyak, nuklir hingga Qasem Soleimani - BBC News Indonesia 

Ditonton 659 rb
93% 5 035 374

Hubungan antara Amerika Serikat dan Iran semakin meruncing setelah pemimpin militer Iran, Jenderal Qasem Soleimani, dibunuh tentara AS. Pemimpin tertinggi Iran Ali Khameini bersumpah 'membalas dendam', yang berujung pada pengeboman pangkalan militer AS di Irak.
Konflik Iran-AS yang rumit sudah berjalan selama 70 tahun, yakni sejak 1950, yang dipicu oleh perebutan hak pengelolaan tambang minyak bumi. Perdana Menteri Iran pada waktu itu, Mohammad Mossadeq, berniat menasionalisasi tambang minyak bumi, yang sebagian besar dikuasai perusahaan Inggris.
Guna mencegah hal tersebut, intelijen Inggris dan AS berniat melakukan kudeta dan menggulingkan pemerintahan Mossadeq. AS mendukung Mohammad Reza Shah sebagai pemimpin baru, menggantikan Mossadeq.
Rakyat yang tidak puas dengan rezim baru, memunculkan rival politik anyar, Ayatollah Khomeini. Gerakan yang dipimpin Khomeini dianggap sebagai pemberontakan dan sang ayatollah diasingkan.
Pada 1979, setelah Ayatollah Khomeini kembali ke Iran, revolusi pun pecah dan rezim Reza Shah digulingkan. Iran berubah jadi Negara Islam dan Reza Shah diasingkan.
Namun Reza memilih pergi ke AS dengan dalih menjalani pengobatan, keputusan yang semakin membuat rakyat Iran murka.
Sentimen anti-AS pun semakin mengemuka. Perang sipil yang terjadi antara Irak dan Iran pada 1980 semakin memperkeruh suasana, karena AS memberikan dukungan militer pada Irak.
Pada 1981 terjadi konflik penyanderaan di mana mahasiswa pro-Khomeini menyerbu Kedutaan AS di Teheran dan menyandera 52 warga AS selama 444 hari.
Kemudian pada 1988, AS menembak jatuh pesawat penumpang milik maskapai nasional Iran dan menyebut itu sebagai sebuah kesalahan. AS tidak pernah meminta maaf atas insiden tersebut.
Pemerintah AS di bawah kepemimpinan George Bush bahkan menyebut Iran sebagai 'poros kejahatan' bersama Irak dan Korea Utara.
Sejak saat itu, AS fokus pada program nuklir Iran yang memicu sanksi internasional.
Pada 2015, AS-Iran menandatangani kesepakatan nuklir. Iran setuju mengurangi aktivitas pengembangan nuklir sebagai ganti pengangkatan sanksi ekonomi. Namun, pada 2018, AS mundur dari kesepakatan tersebut dan kembali memberlakukan sanksi.
Di 2019, AS menyebut Pengawal Revolusi Iran sebagai kelompok teroris dan menyebut Jenderal Soleimani sebagai tokoh di balik penyerangan terhadap kedutaan AS. Hal itu menjadi landasan serbuan AS ke bandara Baghdad yang menewaskan Soleimani.
============
Berlangganan channel ini di: bit.ly/2Mkg9hY
Instagram: bbcindonesia
Twitter: BBCIndonesia
Facebook: BBCNewsIndonesia/

Dipublikasikan tanggal

 

9 Jan 2020

Bagikan:

Bagi:

Unduh video:

Memuat link.....

Tambahkan:

Daftar putar saya
Lihat nanti
Komentar 1 152   
Cokky Bear
Cokky Bear 6 jam yang lalu
Misss King Pahlevi ๐Ÿฅบ
hello hayumy
hello hayumy Hari Yang lalu
Iran salah sendiri mengundang amerika untuk mnjatuhkan saddam husen iran sendiri pun memusuhi islam sunna krna ajaran Islam sunni tk sejalan dngn mereka orng syi.ah islam sunni bkn 1 aqidah bedah agamah agamax mereka syi.ah pux alqur.an sendiri dn hadis sendiri hax pura,,pakek alqur.an x kita biar orng islam yg tdk tau tentang syi.ah menganggap saudara islam . Padahal musuh x islam syi.ah dn pki kakak beradik. Syi.ah pki arab komones pki Indonesia.
Tyas Sheeren
Tyas Sheeren Hari Yang lalu
Rumitnya ๐Ÿ™„
lukita andarini
lukita andarini Hari Yang lalu
Check this out๐Ÿ˜Š idvid.info/video/h5-Qu8TQlIvStp4.html
userflexi team
userflexi team 2 hari yang lalu
Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah Iran syiah
mohamad azlee
mohamad azlee 2 hari yang lalu
jangan kuatir...mereka adik beradik..tidak munkin gaduh...apa yang di tonton ini hanyalah drama mereka donggggg
Kakak Adik
Kakak Adik 2 hari yang lalu
100% Iran hnya Antar Nyawa utk lawan ass...
Fatma Fat
Fatma Fat 2 hari yang lalu
Balas..hantam..hajar..amerika teroris dunia jang taru sisa kampreeet ..trump
David Leonardo
David Leonardo 3 hari yang lalu
Trump is a brilliant chess player.... He droned the guy to show everybody I'm in charge. Specially now, the media exposing who solemani is, not many liberals dare to blame Trump. If they do, the people of US will mark them as traitors. The Iranian leaders won't dare to retaliate.....because they living in good live now.Ali kameini has 7 billions dollars in his account. Imagine they have to go back to suffer war again, like in 1980..... specially they know Saudis will take advantage to destroy them for good.
Laura Wahyu
Laura Wahyu 3 hari yang lalu
Tram troris yg sesungguhnya yg suka mengadu domba negara muslim
herdianto dede
herdianto dede 3 hari yang lalu
Sebenarnya Iran dan Amerika dan sekutu2nya tdk bener2 konflik seperti yg media beritakan,,tadi habis kajian oleh Dr. Tiar Anwar Bachtiar, M.Hum.
SCOUT SARAKAN SATU
SCOUT SARAKAN SATU 3 hari yang lalu
Ini permainan politik. Dia membunuh jendral Iran agar dia di kenang oleh masyarakat Amerika setelah itu pasti kan Iran nyerang Amerika. Dan Donal trumb pasti minta damai Agar di bilang bijak dalam menghadapi keputusan. Dan akhirnya masyarakat Amerika memilih dia lagi menjadi presiden di tanggal 3 November nanti. Dan sekalian membuktikan ke dunia bahwa. Amerika bisa membunuh seorang jendral hanya menggunakan drone tanpa awak Jadi intinya semua itu hanya lah permainan politik. Politik gak Mandang apapun sekali pun nyawa seseorang di pertaruhkan
Adi Rianto
Adi Rianto 3 hari yang lalu
America is the real terorist..
GWEN Agatha
GWEN Agatha 3 hari yang lalu
Untuk Indonesiaku Sebagai rakyat yang lahir, besar dan hidup di Indonesia. Mau mengingatkan yang perlu kita lakukan jangan mudah TERPENGARUH dengan kisruhnya IRAN-AS. Tidak perlu kita bersusah payah mendukung salah satunya. Mereka sedang proses mencari negara yang akan ditunggangi untuk ikut saling membalas dendam.. sehingga perang dunia bisa terjadi. Kita cukup bersikap NETRAL. Tetaplah menjadi orang INDONESIA yang bersatu dan penuh damai jangan terpecah belah karena adanya perbedaan pendapat/ras/suku/agama yg dpt memicu perang saudara.
Bang Khaqi
Bang Khaqi 3 hari yang lalu
Fck
Bang Khaqi
Bang Khaqi 3 hari yang lalu
Fck
F?` GEMER
F?` GEMER 3 hari yang lalu
Astaghfirullah ya allah berjalan untuk Iran yang setuju Like๐Ÿ‘‡
Abdullah hamza
Abdullah hamza 3 hari yang lalu
2:10 iran pun menjadi negara Islam.... NEGARA ISLAM GUNDULMU, WONG UDAH JELAS KHOMEINI SYI'AH PAKE BILANG NEGARA ISLAM, GUOBLOK
ALL ABOUT CATS
ALL ABOUT CATS 2 hari yang lalu
Fix antum sudah terdoktrin oleh Zionist Dan wahabi ahihihi
O a G
O a G 3 hari yang lalu
Bunuh trump
Ria Marliana
Ria Marliana 3 hari yang lalu
Dan berikutnya, Indonesia akan dijadikan the next Iran, isn't it? tapi Indonesia kan udah dijajah orang2nya sendiri dr dl, dkorupsi sendiri, suka ribut sendiri, semoga karakter orang2nya beda ama Iran. Dan smoga strategi mereka ga berlaku di Indonesia. Semoga Alloh kasih yang terbaik. amiin
Emyl Agam
Emyl Agam 3 hari yang lalu
semoga konflik tidak akan terjadi diindonesia,,karna sampai kapanpun indonesia tetap solid tidak ada pertentangan walaupun beda kepercayaan aku cinta indonesiaku๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉโคโค
Potato Man
Potato Man 3 hari yang lalu
"musuh dari musuh ku adalah teman ku"
DANGDUTERS CHANEL
DANGDUTERS CHANEL 3 hari yang lalu
intinya amerika angkuh,dasar negara pembentuk isis
IGS No Mercy
IGS No Mercy 4 hari yang lalu
WW3 Negara lain:Kita harus waspada. Indo:~Jangan perang dulu oy one piece belum tamat.~
Rifan Mukti
Rifan Mukti 4 hari yang lalu
Cerita nya hampir mirip di indo yah, dia yang membuat dia juga yang memberantas agar seperti pahlawan, itu smua demi kekuasaan dan kekayaan.
Nickson L,K
Nickson L,K 4 hari yang lalu
Netizen +62 pintar" kalo koment. Dari belakang tapi.!๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡ "Salam waras"
Mantap Mantap
Mantap Mantap 4 hari yang lalu
Yang dukung Naruto Like! โค
Nipalใใ‚“
Nipalใใ‚“ 3 hari yang lalu
Karena ini jalan ninja ku!!!
Dyeerin Tuhamina
Dyeerin Tuhamina 4 hari yang lalu
Dimana Bapa Obama Ku๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ
Tono Terate
Tono Terate 4 hari yang lalu
Dari SD hingga saat ini bingung,, knp dunia ini hanya di kendalikan olh 5 negara sombong, dikit2 imbargo, dikit2 fekto, Dikit2 sanksi,,, Sanksi koq dikit2,,๐Ÿ˜๐Ÿ˜„๐Ÿ˜ Andai sy knal pmimpin negara2 islam, trutama yang persenjataanya kuat,militan, dan ekonominya bagus, Sy kan ajak mreka embargo balik amritaik dan komunis,, Satu negara anggota di sakiti, yg lain ikut beraksi tanpa kompromi, Knp pemimpin2 negara islam gk da yf sepemikiran dengan sy yaa๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜,,, Coba islam gandeng hindia, pakistan,uni emirat areab, dll,,, Dan jauhi hungan dengan negara2 serakah ( dua negara serakah terbesar di dunia ) Pasti aman2 aja, Dan pnuh wibawa,,, Ahh,,, tauk ahh pmimpinya pd mlehoy lahh,,, kaburrr ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ
Abdul Rahim Rauf
Abdul Rahim Rauf 4 hari yang lalu
Saat ini perang terjadi di negara2 yg mengaku dirinya ISLAM
Abdul Rahim Rauf
Abdul Rahim Rauf 4 hari yang lalu
Kalo semua negara timur tengah bersatu Saya yakin amrik tdk bisa apa2.....
bolbol 26
bolbol 26 4 hari yang lalu
Semoga ada berhasil nmbak kpalanya si bebek,nakal bgt bikin ulah terus
Niken Pusparini
Niken Pusparini 4 hari yang lalu
Btw backsoundnya judulnya apa? Kok keren banget didenger
Alwin Gouw
Alwin Gouw 4 hari yang lalu
Indonesia sampai sekarang ga maju maju salah satunya krn amerika. Amerika selalu bisa membrainwash orang2 indonesia yg ga punya integritas dan nasionalisme, contohnya soeharto. Itulah kenapa cina sekarang menjadi negara besar mengalahkan amerika. Manusia2 di cina meskipun banyak yg tidak berpendidikan tinggi dan intelektualitasnya rendah, tapi nasionalisme dan integritasnya nomor 1. Ini yg dibutuhkan negara kita. Kalau mau maju, kita harus menjadi manusia yg lebih berintegritas dan bernasionalisme tinggi. Stop KKN. Karena KKN adalah akar keterpurukan bangsa.
Rizky Aldi
Rizky Aldi 4 hari yang lalu
Hubungan Iran dan Amerika adalah sebuah contoh dari apa yang disebut sebagai "Timur melawan Barat" hingga mereka akhirnya lupa bahwa musuh sebenarnya adalah fasis yang konservatif yang menghambat rakyat kedua negara untuk progresif
Noer Mat Tempe
Noer Mat Tempe 4 hari yang lalu
iran dan amerika bukan perang agama #perang gengsi atas kekalahan amerika pada iran ...derajat gaseem sulaimani jauh dgn donald trump yg penyakit radang otak maunya amerika menang lawan negara manapun...dari keramat masjid jami al ishlah betawi tanah tinggi?"
Agus Sujana
Agus Sujana 4 hari yang lalu
Libia,Irak,Korut,Iran, negara2,yang menolak sistem perbankan Kel, Rothschild, dan barat di sandra oleh keluarga ini.dari mulai kolonial sampai praktek konspirasi terorisme. yang diuntungkan Korut karena bukan negara Islam dia masih menganggap bukan musuh
Musik678 Musik
Musik678 Musik 4 hari yang lalu
Teroris itu sendiri penciptanya amerika gan, krns amerika bangsa yang sangat licik
Butterfly Rip
Butterfly Rip 4 hari yang lalu
xperlu islam masuk cmpur.. iran syiah.. dlm islam tdk diajar balas dendam. ini smua propaganda... akhirnnye mahu islam msuk cmpur dan jadi perang ke3...syiah ajaran sesat hampir sluruh milik iran..
Aprilianto Sugito
Aprilianto Sugito 4 hari yang lalu
Intinya !! dimana ada negara yang tidak bisa di obok obok perekenomian dan kekayaan alamnya , maka komplotan kapitalis global akan menyerang habis habis negara tersebut dari segal aspek termasuk menjadikannya sebagai isu Agama , untungnya Indonesia emas di papua udah di keruk jd ga bakal diusik sama mereka .
Andre Mayers
Andre Mayers 4 hari yang lalu
ayo Iran ama Amerika perang nya yang semangat yaa ,,, tapi ya perang nya di negara masing masing,jangan di Irak ya,itu kan negara orang coy
Gajeboname
Gajeboname 4 hari yang lalu
IRAN bukan Islam yg Islam itu daulah khilafah Islamiyah ISIS,..
ALL ABOUT CATS
ALL ABOUT CATS 2 hari yang lalu
Cieee antek Zionist laknatullah
Ardin Gokil
Ardin Gokil 4 hari yang lalu
Min 70 thun apax.... waktu saddam husein di tngkp n d hukum mati itu iran n amerika dalangx... jangan ngaranglah min....
Musdalifah 99
Musdalifah 99 4 hari yang lalu
Mcm mereka aja yg nak tgl di bumi ne klo perang ke 3 terjadi pa nak jd bumi ne tu lh klo otak sdh dipenuhi keserakahan klo semua manusia dibumi ne otak nya kyk gitu kita mati sebelum waktu nya mati tu sdh pasti..
sup RI
sup RI 4 hari yang lalu
amerika yang (KATANYA) polisi dunia tapi NYATANYA ialah PENJAHATNYA
sutrisno widarto widarto
sutrisno widarto widarto 4 hari yang lalu
ayo kawan bertahan lah dengan zaman dengan kemaksiatan menjadi kebiasaan dan keimanan menjadi suatu ke anehan yang satu kafir yg satu syiaah hadeuhh
Jemmy Santoso
Jemmy Santoso 4 hari yang lalu
Tahun 65, soekarno berpaham Nasakom nasionalis agama(islam) komunis, digulingkan oleh CIA membentuk plot PKI mengkudeta indonesia, Perang saudara bunuh"an sesama orang indonesia tidak terelakkan Th 67 soeharto diangkat menjadi presiden Th 67 freeport berdiri Th 68 perusahaan tambang VALE juga berdiri, Tau lah amerika
Zap N Rush
Zap N Rush 4 hari yang lalu
Permusuhan 70 tahun??? Amerika berkerjasama bersama iran dulu menggulingkan saddam husein ( presiden irak ) atas dasar irak memiliki senjata pemusnah massal...(padahal tidak ada) Alhasil keduanya bisa menguasai ladang minyak irak. Sekarang keduanya gaduh berebut irak dimana keduanya merasa memiliki andil dalam penaklukan irak...
Wono Ngapus
Wono Ngapus 4 hari yang lalu
AS dn sekutunya adalah kelompok teroris yang sesungguhnya. Faktanya korban jutaan nyawa melayang karena kebiadaban mereka, Apapakah saudara2 masih menutup mata dan telinga?
dion kece
dion kece 4 hari yang lalu
Amerika adalah org org yg di berkati tuhan..
Mursi Kristinaa
Mursi Kristinaa 3 hari yang lalu
Yahudi pasti menang,karena di bantu arap saudi, teluk persia di bebaskan jadi pangkalan amrik..mau d apakan emang mereka sahabat karip..
Yusuf Manaf
Yusuf Manaf 4 hari yang lalu
Persaingan Dunia.
Refi Gola
Refi Gola 4 hari yang lalu
Semoga aja US serang IRAN, biar IRAN ama sekutu TIMTENG SYIAH serang ISRAEL mantep hancur itu 3 negara laknatullah.
AFIQAH CIPRUT
AFIQAH CIPRUT 4 hari yang lalu
Perasaan sejak dipimpin donald trump amerika seolah jd negara yg suka mencari masalah,ya perang dagang lah dg CINA ya perang senjata lah dg iran,beda banget saat dipimpin barack obama,kwalitas pemimpin menentukan kwalitas negara itu sendiri
Yurika Fauziah
Yurika Fauziah 4 hari yang lalu
Amerika bangzattt
kautsar patiwara
kautsar patiwara 4 hari yang lalu
banyak yang bilang iran itu syiah bukan islam .... tapi justru negara islam satu ini lah yang berani lawan as
Yuli Yulianti
Yuli Yulianti 4 hari yang lalu
donald trumpt anak buah DJL
e_ 24
e_ 24 4 hari yang lalu
Amerika biang rusuh timteng
Mamang Kuraya
Mamang Kuraya 4 hari yang lalu
Intinya itu amerika negara iri dengki yg sukanya mencampuri urusan negara lain. Anehnya kebanyakan negara yg di ganggu ma amerika itu pasti negara muslim di timur tengah
And V
And V 5 hari yang lalu
Astaga pls gua g mau ada perang dunia dulu ampe gua tua pls lah haduh ngeri oy ntar kena tembak'
Casmudi Vlog
Casmudi Vlog 5 hari yang lalu
Ngeri-ngeri sedap. Sila mampir di channel saya, ada opini IRAN VS USA.
Berikutnya